Lowongan Kerja PT Angkasa Pura I (Persero)





Kerjai.com - PT Angkasa Pura I (Persero) atau sering juga disebut Angkasa Pura Airports memiliki keinginan untuk mewujudkan perusahaan yang memiliki kelas dunia dan tentunya profesional. Angkasa Pura Airports sangat yakin dapat memberikan pelayanan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berstandar internasional bagi para pelanggan.

Angkasa Pura Airports memiliki sejarah sebagai pelopor pengusahaan kebandarudaraan secara komersial di Indonesia yang bermula dari kunjungan kenegaraan Presiden Soekarno ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan Presiden John F Kennedy. dan setibanya di tanah air, Presiden Soekarno menegaskan keinginannya kepada Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum agar lapangan terbang di Indonesia dapat setara dengan lapangan terbang di negara maju.

Maka tak lama kemudian, pada tanggal 15 November 1962 diterbitkanlah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 33 Tahun 1962 yang berisi masalah Pendirian Perusahaan Negara (PN) Angkasa Pura Kemayoran.
Angkasa pura kemayoran memiliki tugas pokok diantaranya untuk mengelola dan mengusahakan Pelabuhan Udara Kemayoran di Jakarta yang saat itu merupakan satu-satunya bandar udara internasional yang melayani penerbangan dari dan ke luar negeri selain penerbangan domestik.

Setelah melewati  masa transisi terhitung dua tahun, tepatnya tanggal 20 Februari 1964 PN Angkasa Pura Kemayoran resmi mengambil alih secara penuh aset dan operasional Pelabuhan Udara Kemayoran Jakarta dari Pemerintah. Pada tanggal 20 Februari 1964 kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Angkasa Pura Airports.

Pada tanggal 17 Mei 1965, berdasarkan PP Nomor 21 tahun 1965 tentang Perubahan dan Tambahan PP Nomor 33 Tahun 1962, PN Angkasa Pura Kemayoran berubah nama menjadi  PN Angkasa Pura, dengan maksud untuk lebih membuka kemungkinan mengelola bandar udara lain di wilayah Indonesia.

PT Angkasa Pura I (Persero)


Secara bertahap, Pelabuhan Udara Ngurah Rai yang berada di Bali, Halim Perdanakusumah - Jakarta, Polonia - Medan, Juanda - Surabaya, Sepinggan - Balikpapan, dan Sultan Hasanuddin - Ujungpandang, kemudian bergabung dalam pengelolaan PN Angkasa Pura.

Selanjutnya, berdasarkan surat PP Nomor 37 tahun 1974, status badan hukum PN Angkasa pura diubah menjadi Perusahaan Umum (Perum).

Dalam rangka pembagian wilayah pengelolaan bandar udara, berdasarkan PP Nomor 25 Tahun 1987 tanggal 19 Mei 1987, nama Perum Angkasa Pura diubah menjadi Perusahaan Umum Angkasa Pura I, hal ini sejalan dengan dibentuknya Perum Angkasa Pura II yang secara khusus diberi tugas dalam mengelola Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma.

Selanjutnya, berdasarkan PP Nomor 5 Tahun 1992, bentuk Perum diubah kembali menjadi Perseroan Terbatas (PT) yang besar sahamnya dimiliki sepenuhnya oleh Negara Republik Indonesia sehingga namanya akan menjadi PT Angkasa Pura I (Persero) dengan Akta Notaris Muhani Salim, SH tanggal 3 Januari 1993 dan telah memperoleh persetujuan Menteri Kehakiman dengan keputusan Nomor C2-470.HT.01.01 Tahun 1993 tanggal 24 April 1993 serta diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia Nomor 52 tanggal 29 Juni 1993 dengan Tambahan Berita Negara Republik Indonesia Nomor2914/1993.

Adapun perubahan Anggaran Dasar Perusahaan terakhir yaitu berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 14 Januari 1998 dan telah diaktakan oleh Notaris Imas Fatimah, SH Nomor 30 tanggal 18 September 1998. Perubahan Anggaran Dasar tersebut telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor: C2-25829.HT.01.04 Tahun 1998 tanggal 19 November 1998 dan dicantumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia Nomor 50 tanggal 22 Juni 1999 dengan Tambahan Berita Negara Republik Indonesia Nomor 3740/1999.

Hingga saat ini, Angkasa Pura Airports kini sudah mengelola 13 (tiga belas) bandara di kawasan tengah dan timur Indonesia, yaitu:


1. Bandara Ngurah Rai - Denpasar
2. Bandara Juanda - Surabaya
3. Bandara Hasanuddin - Makassar
4. Bandara Sepinggan - Balikpapan
5. Bandara Frans Kaisiepo - Biak
6. Bandara Sam Ratulangi - Manado
7. Bandara Syamsudin Noor - Banjarmasin
8. Bandara Ahmad Yani - Semarang
9. Bandara Adisutjipto - Yogyakarta
10. Bandara Adisumarmo - Surakarta
11. Bandara Internasional Lombok - Lombok Tengah
12. Bandara Pattimura - Ambon
13. Bandara El Tari - Kupang

Saat ini PT Angkasa Pura I (Persero) membuka lowongan kerja terbaru, berikut ini informasi posisi dan persyaratan, silakan dibaca dengan baik :

Saat ini PT. Angkasa Pura I (Persero) sedang membuka lowongan kerja untuk para Pegawai outsourcing administrasi dan operasional (Kecuali AVSEC dan AFFR) untuk mengikuti seleksi Penerimaan Calon Pegawai Administrasi dan Operasional.
dengan mengikuti serangkaian tahapan seleksi di salah satu cluster berikut ini :

  • Jakarta : untuk kantor pusat, kc Jogjakarta, Semarang, Solo dan Surabaya
  • Denpasar : untuk KC Denpasar dan SBU, Lombon, dan Kupang
  • Makassar : untuk KC Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Ambon dan Biak

Persyaratan Umum :

  • Berstatus pegawai Outsourcing yang bertugas pada bidang : 
    • Administrasi;
    • Teknisi Operasional (kecuali AVSEC dan AFFR);
  • Pegawai Outsourcing yang memiliki ijazah minimal :
    • D3 dari Fakultas Ekonomi, Manajemen Transportasi Udara, Teknik, Hukum, Ilmu Komputer, Ilmu Komunikasi (untuk pendaftar bidang Administrasi)
    • SLTA dan sederajat (untuk pendaftar bidang Teknisi dan Operasional)
  • Masih aktif bekerja sebagai pegawai Outsourcing di PT Angkasa Pura I (Persero) dengan masa kerja minimal 2 tahun (per 1 Oktober 2016)
  • Berusia maksimal 40 tahun (kelahiran tahun 1976 dan sesudahnya)
  • Tidak berstatus sebagai suami / istri pegawai PT Angkasa Pura I
  • Berbadan sehat, tidak buta warna dan tidak menggunakan narkoba yang dinyatakan dengan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah
  • Berkelakuan baik (dinyatakan dalam Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan/
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai suatu instansi
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan
Lampiran dokumen :
  • Daftar riwayat hidup (CV)
  • Surat Lamaran
  • Copy Ijazah yang telah dilegalisir
  • Copy KTP / SIM yang masih berlaku
  • Copy surat perjanjian kerjasama waktu tertentu (kontrak kerja) dengan Angkasa Pura Support minimal 2 (dua) periode kontrak terakhir.
  • Surat rekomendasi dari general Manager / Pimpinan proyek (kantor Cabang) sesuai format yang telah ditentukan.
  • Copy surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang masih berlaku dan telah dilegalisir dari Kepolisian setempat (dapat disusulkan saat verifikasi dokumen)
  • Surat Keteranan Sehat dari RS Pemerintah (dapat disusulkan daat verifikasi dokumen)
  • Pas foto 4X6 berwarna terbaru sebanyak 2 lembar

Berkas lamaran dituliskan Posisi yang dilamar (Adm/Ops) serta lokasi tes (JKT/DPS/UPG) di pojok kanan atas, kemudian dimasukkan ke dalam MAP berwarna :
  • BIRU untuk pelamar yang berasal dari Outsourcing Administrasi Perkantoran
  • MERAH untuk pelamar yang berasal dari Outsourcing Teknisi dan Operasional (non AVSEC dan AFFR)
Silakan bagi anda yang berminat dan memenuhi persyaratan, kirimkan surat lamaran anda ditujukan kepada :
Direktur Personalia & Umum
PT Angkasa Pura I (Persero) di masing-masing Cabang terdekat

Catatan :
  • Peserta hanya boleh memilih salah satu posisi dan mengikuti rangkaian tes di salah satu lokasi yang telah ditentukan, kantor Cabang melakukan verifikasi dokumen yang masuk dan menyampaikan hasilnya paling lambat pada tanggal 10 Oktober 2016
  • Peserta yang lulus seleksi Administrasi harus dapat membawa kelengkapan berkas dan membuktikan keaslian serta keabsahan berkas yang dibawa.
  • Sumber
Lowongan Kerja PT Angkasa Pura I (Persero) Lowongan Kerja PT Angkasa Pura I (Persero) Reviewed by verifikasi guru on 9/30/2016 Rating: 5

Tidak ada komentar

Pertanyaan diluar topik Lowongan Kerja Tidak Akan di Proses.
Terima Kasih

Post AD